Sukses Gelar FGD Banjir, Ketua Panitia Asri Tadda: Terima Kasih untuk Semua Partisipan!

Makassar, KAHMI.ORG – Kegiatan Focus Group Disucssion (FGD) menyoal bencana banjir dan tanah longsor yang kerap terjadi di Sulawesi Selatan, terselenggara dengan sukses di Hotel MaxOne, Jalan Taman Makam Pahlawan Makassar, Sabtu (28/09/2024).

FGD yang menjadi program dari Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW-KAHMI) Provinsi Sulawesi Selatan ini, diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari sejumlah instansi dan lembaga yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Selatan.

Diantaranya dari HITI Sulselbar, P3E Sulawesi Maluku, Mapala UIM, Balai Besar KSDA Sulsel, Balai PPI Wilayah Sulawesi, Forum DAS Sulsel, BPPI Wilayah Sulawesi, ICRAF, SCF, Commit Foundation, Walhi Sulsel, Pusat Studi Kebencanaan Unhas dan LPLHIPI.

FGD Banjir dan Tanah Longsor KAHMI Sulsel

Ada pula perwakilan dari sejumlah organisasi kemasyarakatan, instansi pemerintah dan kalangan pers, diantaranya KAHMI Sulsel, KKLR Sulsel, PWNU Sulsel, IPMALUTIM, AMSI Sulsel, MKTI, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Harian Fajar, Klik Hijau, Pelakita, dan lainnya.

Beberapa Presidium MW KAHMI Sulsel pun turut hadir, seperti Fadriaty AS dan Bahtiar Manadjeng. Tak ketinggalan Sekretaris Umum MW KAHMI Sulsel Hidayat Muhalim.

Sejumlah poin penting mengerucut dalam forum diskusi yang dipimpin oleh anggota Dewan Penasehat MW KAHMI Sulsel Bachrianto Bachtiar tersebut.

Salah satunya adalah seperti yang ditegaskan oleh Koordinator Presidium MW KAHMI Sulsel Ni’matullah, yakni perlu adanya mandatory spending di bidang lingkungan hidup sebagai pay back pemerintah terhadap kerusakan lingkungan akibat pembangunan.

FGD Banjir MW KAHMI Sulsel

Suksesnya pelaksanaan FGD oleh MW KAHMI Sulsel ini membuat Ketua Panitia Asri Tadda tak bisa menyembunyikan kegembiraan. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat di kegiatan itu.

“Acara ini tentu tidak dapat terlaksana tanpa dukungan banyak pihak. Karenanya, kami haturkan terima kasih kepada semua partisipan, khususnya kepada para peserta yang sudah hadir memenuhi undangan kami dan para pengurus MW KAHMI Sulsel yang telah memberi support,” kata Asri.

Tak ketinggalan, Asri juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan FGD tersebut.

“Terima kasih dan penghargaan kami yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Makassar dan PT Vale yang telah ikut berpartisipasi memberi dukungan untuk kegiatan ini. Semoga kemitraan ini dapat terus terjalin ke depannya,” pungkas Direktur Lembaga Penerbitan dan Media Digital (LPMD) MW KAHMI Sulsel itu. (*)